Senin, 19 Desember 2011

MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DALAM FILM



“Menebus Impian”
Unsur Intrinsik Film
A.    Tema :
                       Adapun tema yang dapat diangkat dari film dengan judul “ Menebus Impian” ini adalah “Perjuangan”. Perjuangan dalam artian seorang anak yang berjuang dan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa membahagiakan ibunya dan mengubah kehidupannya yang menjadi lebih baik.
B.     Pemeran :
1.      Acha Septriasa        =>   sebagai Nur Kemala Jati
2.      Fedi Nuril               =>   sebagai Dian Septiaji
3.      Ayu Dyah Pasha     =>   sebagai Sekar, Ibu Nur
4.      Ayu Diana              =>   sebagai Susi, bibi Nur
5.      Haykal Kamil         =>   sebagai Robbin, teman Nur
6.      Joshua Suherman    =>   sebagai Adul, teman  Nur
7.      H. Djadja Mihardja        =>         sebagai Pak Madrim, tetangga Nur
8.      Erwin Bagindo       =>   sebagai Ayah Dian      
9.      Zaskia Adya Meka =>   sebagai Eka, teman Nur
10.  Deddy Soetomo     =>   sebagai Pak Andre, praktisi “MLM” senior
11.  Maghdalena            =>   sebagai Mariska, teman Nur
C.    Watak yang diperankan oleh masing-masing tokoh :
1.      Nur Kemala Jati      =>   Sebagai pemeran protagonis watak yang diperankannya                   gadis ayu, jutek, keras kepala, perhatian, baik hati,                                     penyayang, bertanggung jawab, mudah menyerah dan                  tidak tetap pendirian.
2.      Dian                        =>   Sebagai pemeran protagonis watak yang diperankannya                   baik hati, gigih, perhatian, tidak mudah putus asa,                                    berwibawa dan berkharisma
3.      Sekar, Ibu Nur        =>   Sebagai pemeran protagonis watak yang diperankannya                   gigih, penyayang, baik, pekerja keras dan bertanggung                                   jawab.
4.      Susi, bibi Nur          =>   watak yang diperankannya baik, perhatian, dan penyayang
5.      Robin, teman Nur   =>   watak yang diperankannya baik hati, setia kawan, dan                                                     perhatian.
6.      Adul,teman Nur     =>   watak yang diperankannya baik hati, setia kawan, dan                                                                 perhatian.
7.      Pak Madrim            =>   watak yang diperankannya baik, perhatian, dan  kocak.
8.      Ayah Dian              =>   watak yang diperankannya baik, perhatian, dan penyayang
9.      Eka, teman Nur      =>   watak yang diperankannya baik hati, penolong, setia                                    kawan dan perhatian.
10.  Pak Andre              => watak yang diperankannya  baik hati, gigih, perhatian,tidak               mudah putus asa, berwibawa dan berkharisma.
11.  Mariska                   => Watak yang diperankannya baik.
D.    Setting Cerita
Tempat                          =>   Nur Laundry, Perumahan (kos) warga, Universitas,                           restoran, klub malam, rumah sakit, kantor MLM
Waktu                           =>   Pagi, siang, dan malam hari
Suasana                         =>   Sedih , Gembira
E.     Alur Cerita
                       Adapun alur yang di gunakan dalam Film “ Menebus Impian” adalah alur maju-mundur karena terdapat babak yang diingat oleh salah satu tokoh yang bermimpi menjadi kaya kemudian kembali di masa lalu.
F.     Sudut pandang
                       Pengarang menggunakan sudut pandang orang kedua. Karena, diperankan oleh tokoh-tokoh yang telah ditentukannya.
G.    Gaya Bahasa
                       Adapun gaya bahasa yang digunakan pengarang untuk memperindah lagi filmnya sekaligus menarik minat orang-orang untuk mononton filmnya adalah menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh setiap golongan yang menontonnya karena menggunakan bahasa sehari-hari kita sebagaimana yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari kita.
H.    Amanat
              Dari film yang berjudul “ MENEBUS IMPIAN” berikut ini, pesan moral dari film yang telah kami tonton :
1.      Jangan pernah takut untuk bermimpi karena tak ada yang tak mungkin bila segala sesuatunya dilakukan dengan serius, tekun dan gigih. Itulah salah satu kunci dalam mencapai mimpi yang sebenarnya.
2.      Bermimpilah tentang apa yang ingin kita impikan pergilah ketempat-tempat yang ingin kita pergi. Jadilah, seperti yang di inginkan , karena kita hanya memiliki satu kehidupan dan satu kesempatan untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan
3.      Untuk meraih kesuksesan itu kita harus percaya diri disertai dengan kemauan yang kuat karena di mana ada kemauan pasti ada jalan.
4.      Niat akan menciptakan nasib kita
5.      Kesuksesan bukanlah suatu kebetulan belaka
6.      Tiada pilihan tanpa ada resiko tapi orang yang sukses bisa menyikapi resiko karena resiko bukanlah musuh melainkan adalah teman yang setia.
7.      Jangan mudah menyerah dan  takut untuk gagal karena kegagalan adalah awal menuju kesuksesan.
Kelebihan dan Kekurangan Film
Kelebihan Film :
              Adapun kelebihan dari film “Menebus Impian” yaitu mengajak masyarakat untuk selalu mengejar impiannya, memberikan inspirasi bagi penonton tentang bagaimana seseorang dengan keterbatasan yang dimiliknya masih mampu membangun dan merealisasikan mimpi-mimpinya, memberikan persepsi yang berbeda tentang kegigihan seorang wanita yang berani menjalani hidup dengan segala keterbatasan ekonomi yang di hadapi. Dan film ini menyampaikan pentingnya memiliki sebuah mimpi dan mewujudkannya menjadi nyata. Film ini juga bukan sekedar menghadirkan drama keluarga dan percintaan yang mengharukan.tetapi juga menyebarkan pesan tentang arti sebuah perjuangan,usaha apa pun tidak akan pernah sia-sia jika di lakukan dengan sepenuh hati.
Kekurangan Film :
            Dari film menebus impian ini terdapat kekurangan yaitu ada bagian film yang terpotong ceritanya seperti ayahnya yang tidak di jelaskan apa penyebab ayah Nur pergi meninggalkan ibunya ( Sekar ) ?



Sinopsis Film :
             Film itu bercerita tentang kegigihan Nur Kemala Jati ( Acha Septriasa ) mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Ayahnya yang kabur dari rumah dan ibunya Sekar yang hanya bekerja sebagai seorang buruh cuci. Keduanya memiliki pandangan yang berbeda untuk meraih kehidupan yang lebih baik, sang ibu lebih memilih agar Nur memfokuskan diri pada kuliahnya, sedangkan Nur berpikiran untuk secepatnya untuk bisa membantu nafkah mereka.
            Dalam perjalanan Nur kemudian bertemu Dian, seorang mahasiswa yang walau masih sepantarannya namun sudah mulai mapan. Sementara itu uang untuk kuliah  digunakan Nur untuk mendaftarkan diri pada MLM itu. Dian kemudian mengajak Nur untuk bisa meraih harapan dan mimpi lewat sebuah Multi Level Marketing ( MLM ) yang bisa mereka jalankan di tengah-tengah kesibukan kuliah. Setelah beberapa kali jatuh bangun di bawah dukungan Dian, Nur pada akhirnya mulai merasa ragu dengan mimpi miliknya yang tampak tidak mungkin untuk di raih. Dan dia kembali bangkit saat sang ibu, sekar ( Ayu Diah Pasha ) terbaring di rumah sakit karena penyakit tumor otak dan  harus dioperasi.
            Berbagai upaya  dilakukan Nur Kemala untuk mendapatkan uang demi pengobatan ibunya, termasuk menjadi MLM. Penolakan dari para calon downline ( bawahan ) sempat membuat dia hampir putus asa. Tetapi semangat dan kegigihannya akhirnya berbuah manis. Bukan hanya biaya pengobatan ibunya yang didapat, tempat tinggal, kendaraan roda empat, dan gelar sarjana pun diperoleh berkat bisnis MLM tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar